Pages

Jumat, 11 Oktober 2013

ORGANISASI



Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
  • Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikanorganisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua  orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.
  • Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakanorganisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.
  • Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakanorganisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
  • Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
  • Gibson mendefinisikan organisasi sebagai kesatuan yang memungkinkan masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu yang tida dapat dicapai individu secara perorangan.sementara drucker dalam nugroho mengungkapkan bahwa akan terbentuk masyarakat modern yaitu masyarakat organisasi.
  • Paul Preston dan Thomas Zimmerer mengatakan bahwa Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).
Sumber 



Ciri-ciri Organisasi
·         Secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada. Organisasi bisa disebut juga sebagai wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama
·         Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah :
  •          Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
  •          Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang
  •          Adanya tujuan
  •          Adanya sasaran
  •          Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
  •          Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

Sedangkan ciri-ciri organisasi modern yaitu :
  •     Organisasi bertambah besar.
  •     Pengolahan datanya semakin cepat.
  •     Penggunaan staf jauh lebih intensif.
  •     Adanya kecenderungan spesialisasi.
  •     Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi.
  •   Memiliki unsur-unsur organisasi yang lebih lengkap
Unsur-Unsur  Organisasi

Unsur – Unsur Organisasi :
  • Manusia (Man).
  • Kerjasama.
  • Tujuan Bersama.
  •  Peralatan (Equipment).
  •  Lingkungan.
  • Kekayaan alam.
  • Kerangka/Konstruksi mental
Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu :
  • Manusia.
  • Kerjasama.
  • Tujuan bersama-sama.
Dari ketiga unsur tersebut saling terkait dan mempunyai satu kesatuan. dari berbagai macam teori organisasi yang di kemukakan oleh para ahli tidak ada satu pun yang memiliki kebenaran mutlak. dan antara teori organisasi yang satu dengan yang lain saling melengkapi.
Unsur-unsur Organisasi

Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:

  •   Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.
  •   Proses kerja sama sedikitnya antara dua orang
  •   Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing
  •   Ada tujuan tertentu
Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :

  •   Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
  •   Harus ada orang-orang yang bekerja sama.
  •   Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
  •   Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.
Sumber 



Bentuk” bagan struktur organisasi

A. Bagan Horizontal
 mengapa bagan tersebut di katakan horizontal karena pada bagan tersebut jika semakin banyak jabatan-jabatan yang di buat dalam perusahaan tersebut maka bagan ini akan semakin luas menyamping

Bagan Struktur Organisasi Berbentuk Horizontal

B. Bagan Vertikal
  Bagan vertikal adalah kebalikan dari bagan Horizontal. Bagan Vertikal pada umumnya bagan ini jika dalam perusahaan banyak sekali jabatan atau kepala-kepala bagian dari masing-masing divisi maka bagan ini akan semakin panjang ke bawah.


Bagan Struktur Organisasi Berbentuk Vertikal

 C. Bagan Piramid
Bagan ini sangat mudah digunakan karna bentuknya seperti Piramid yang menempatkan bagian-bagian dalam perusahaan yang paling tertinggi di letakan pada bagian TOP dan untuk karyawan di letakan MID dan untuk Office Boy di letakan pada Bagian LOWER.


Bagan Piramid

  Sumber



1 komentar: