Pages

Sabtu, 25 Mei 2013

Tugas 3 IBD



1. Jelaskan masing-masing unsur ideologi bagi masyarakat tersebut:
a)      Pandangan hidup. merupakan bagian dari ideologi kebudayaan dapat membuat kemungkinan-kemungkinan menjawab pertanyaan tentang sesuatu dari kehidupan. Untuk menjawabnya masyarakat mengekspresikan hasil kebudayaannya untuk mencapai beberapa pengertian
b)      Nilai-nilai. merupakan nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan keadilan. Ini merupakan nilai dasar bagi kehidupan kenegaraan, kebangsaan dan kemasyarakatan.
c)       Norma-norma. ideologi bukan sekedar teori belaka, namun suatu keyakinan yang telah mengakar dalam diri masyarakat yang menimbulkan tekad dan komitmen untuk mewujudkannya. Maka dapat dikatakan bahwa semakin kuat seseorang mendalami ideologi, semakin kuat pula komitmen untuk melaksanakannya
2.  Jelaskan tentang pengertian cita-cita. Adakah manusia hidup tanpa cita-cita?
cita-cita adalah sebuah impian yang dapat membakar semangat untuk terus melangkah maju dengan langkah yang jelas dan mantap dalam kehidupan
tidak, karena hidup tanpa cita-cita sama saja mati
3. Ada 3 kategori keadaan hati seseorang, yaitu keras, lunak, dan lemah. Coba uraikan masing-masing!
Orang yang berhati keras :  tidak berhenti berusaha sebelum cita citanya tercapai, Ia tidak menghiraukan rintangan , tantangan dan segala kesulitan yang dihadapinya.
orang yang berhati lunak : dalam mencapai cita-citanya menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi. Namun ia tetap berusaha mencapai cita- citanya.
orang yang berhati lemah : cenderung lebih terpengaruh oleh situasi dan kondisi. Bila menghadapi kesulitan cepat-cepat ia berganti haluan, berganti keinginan.
4. Apa arti kebajikan, dan apa hubungannya dengan tindakan moral?
Kebajikan pada hakikatnya adalah perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama  atau etika.
-
5. Manusia sebagai makhluk sosial tentu saling membutuhkan dan saling menolong. Tetapi mereka juga saling mencurigai dan merugikan sesamanya. Jelaskanlah hubungan keduanya!
Manusia memang saling membutuhkan,  mereka saling mencurigai karena tidak adanya saling percaya dan adanya kekhawatiran dibohongi, mereka saling merugikan sesama karena dari satu manusia itu memiliki sifat buruk salah satunya egois, karena dengan mementingkan kebutuhan sendiri tapi tidak memperdulikan yang lain padahal orang tersebut sering membantu kita
contoh bahasa kasarnya ( yang penting kebutuhan gw terpenuhi, lu mah bodo amat)
6. Untuk mengetahui suatu kebajikan, kita melihat tiga segi, jelaskanlah tentang:
a)   Manusia sebagai pribadi adalah manusia dapat menentukan sendiri apa yang baik dan apa yang buruk. Baik buruk itu ditentukan oleh suara hati. Suara hati adalah semacam bisikan di dalam hati yang mendesak seseorang, untuk menimbang dan menentukan baik buruknya suatu perbuatan, tindakan atau tingkah laku.
b)   Manusia sebagai anggota masyarakat adalah Sesuatu  yang  baik bagi masyarakat, berarti baik bagi kepentingan masyarakat. Tetapi dapat  saja terjadi, bahwa sesuatu yang baik bagi kepentingan umum/masyarakat tidak baik bagi salah seorang   atau segelintir orang didalamnya atau sebaliknya. Dengan demikian, seseorang harus tunduk kepada  apa yang  baik bagi masyarakat umum.
c)    Manusia sebagai makhluk Tuhan adalah Suara Tuhan selalu  membisikkan agar manusia berbuat baik dan mengelakkan perbuatan yang tidak baik. Jadi,untuk mengukur perbuatan baik buruk, harus kita dengar pula suara Tuhan atau kehendak Tuhan
7. Sikap hidup biasanya tergantung pada pribadi dan lingkungannya, uraikan dan contohkan tentang sikap-sikap hidup yang muncul karena pengaruh lingkungan!
8. Di dalam diri manusia terdapat sikap hidup etis dan non etis, jelaskan!
Sikap etis disebut juga sikap positif, dan sikap non etis disebut juga sikap negatif.
Ada tujuh sikap etis, yaitu :
1.  sikap lincah – sikap arif
2.  sikap rendah hati – sikap berani
3. sikap tenang – sikap halus
4. dan sikap bangga
Sikap non etis atau sikap negatif, yaitu :
1.    sikap kaku – sikap takut
2.    sikap gugup – sikap kasar
3.    sikap angkuh – sikap dan sikap rendah diri
Sikap-sikap ini harus dijauhkan dari diri pribadi-pribadi.

9. Apakah pandangan hidup bagi bangsa Indonesia? uraikan dan jelaskan!
Bangsa Indonesia lahir menurut cara dan jalan yang ditempuhnya sendiri yang merupakan hasil antara proses sejarah di masa lampau, tantangan perjuangan dan cita-cita hidup di masa yang akan datang, yang secara keseluruhan membentuk kepribadianya sendiri. Oleh karena itu bangsa Indonesia lahir dengan kepribadianya sendiri, yang bersamaan dengan lahirnya bangsa dan Negara itu, kepribadian itu ditekankan sebagai pandangan hidup dan dasar Negara Pancasila. Bangsa Indonesia lahir dengan kekuatan sendiri, maka percaya pada diri sendiri juga merupakan salah satu cirri kepribadian bangsa Indonesia. Karena itulah, Pancasila bukan lahir secara mendadak pada tahun 1945, melainkan telah melalui proses yang panjang, dimatangkan oleh sejarah perjungan bangsa kita sendiri, dengan melihat pengalaman bangsa-bangsa lain, dengan diilhami oleh bangsa kita dan gagasan-gagasan besar bangsa kita sendiri.

Karena pancasila sudah merupakan pandangan hidup yang berakar dalam kepribadian bangsa, maka ia diterima sebagai Dasar Negara yang mengatur hidup ketatanegaraan.

10. Kebutuhan manusia itu meliputi apa saja? Coba jelaskan!
Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun kebutuhan rohani. Kebutuhan manusia tidak terbatas pada kebutuhan yang bersifat konkret (nyata) tetapi juga bersifat abstrak (tidak nyata). Misalnya rasa aman, ingin dihargai, atau dihormati, maka kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas. Beberapa faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia itu tidak terbatas antara lain sebagai berikut :
Makin bertambahnya jumlah penduduk.
Makin maju ilmu pengetahuan dan teknologi.
Makin meluaskan lingkungan perguruan.
Meningkatkan tingkat kebudayaan manusia.
Dalam pemenuhan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
a. Berusaha secara individu atau kelompok dalam masyarakat atau lingkungannya.
b. Pemenuhan kebutuhan tidak sekaligus, tetapi harus menerapkan skala prioritas yaitu mengutamakan kebutuhanmana yang harus didahulukan.
11. Unsur-unsur wajib untuk mencari arti hidup itu meliputi apa saja? Jelaskan!
unsur-unsur wajib untuk mencari arti hidup itu meliputi:
a    Manusia harus berani menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang terdalam itu dengan sikap terbuka. Manusia harus mencari kebenaran, jika sudah mengetahui jawabannya, manusia harus benar-benar mempertanggung jawabkannya.
b   Manusia harus berani mengadakan konfrontasi antara pandangan hidupnya dengan macam-macam soal dan pendapat baru yang timbul di lapangan.
c   Bila manusia merasa sudah mempunyai pegangan yang dapat dipertanggung jawabkan maka manusia harus berusaha membangun hidupnya sesuai dengan pandangannya itu.
12. a). Apakah yang disebut dengan tanggung jawab? Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.
b). Sebutkan dan jelaskan macam-macam tanggung jawab dan berilah contoh!
a.       Tanggung jawab terhadap diri sendiri,  yaitu menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.
b.       Tanggung jawab terhadap keluarga, yaitu tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya terhadap nama baik keluarga, tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan,dan kehidupan.
c.       Tanggung jawab terhadap masyarakat, yaitu manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial.
d.      Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara, yaitu suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri, dan apabila perbuatan itu salah, maka harus bertanggung jawab kepada negara.
e.       Tanggung jawab terhadap Tuhan, yaitu Tuhan menciptakan manusia dibumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan, sehingga tindakan manusia tidak lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama.
Contoh Tanggung jawab terhadap keluarga :
seorang ibu hidup dengan tiga anak, karena suaminya meninggal dia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya, walapun harus menjadi pelacur sekalipun, karena demi memberikan kehidupan dan bertanggung jawab atas ketiga anaknya.
13. a). Coba jelaskan tentang arti pengabdian!
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta kasih sayang, norma, atau satu ikatan dari semua itu dilakukan dengan ikhlas.
b). Apakah sama antara pengabdian dan bantuan? Jelaskan!
Apabila orang bekerja keras seharian penuh itu untuk mencukupi kebutuhannya itu adalah pengabdian. Lain halnya jika kita hanya membantu teman dalam kesulitan mungkin sampai berhari-hari itu bukan pengabdian, tetapi hanya sebuah bantuan saja.
14. a). Apa arti pengorbanan?
Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian.
b). Sebutkan macamnya dan berilah contoh!
Macam-macam Pengorbanan, yaitu:
§    Pengorbanan harta benda
§    Pengorbanan pikiran
§    Pengorbanan perasaan
§    Pengorbanan tenaga
Contoh: Misalkan dalam agama islam setiap hari raya kurban dilakukan pengorbanan menyembelih sapi , kambing ataupun domba yang dilakukan untuk menyedekahkan sebagian dari rezeki yang dimilikinya untuk diberika kepada orang yang kurang mampu.

0 komentar:

Poskan Komentar