Apakah Game Master itu??
Seorang gamemaster (atau yang sering disebut sebagai GM, juga dikenal sebagai Master Game, manajer permainan, moderator permainan atau wasit) adalah orang yang bertindak sebagai organizer, officiant untuk pertanyaan tentang aturan, arbiter, dan moderator untuk multiplayer role-playing game. Mereka yang paling umum dalam permainan kooperatif di mana pemain bekerja sama dan kurang umum dalam permainan kompetitif di mana pemain saling bertentangan.
Peran gamemaster dalam permainan role-playing tradisional adalah menggabungkan peserta lain, cerita karakter pemain bersama-sama, mengendalikan aspek non-pemain dari permainan, menciptakan lingkungan di mana para pemain dapat berinteraksi, dan memecahkan perselisihan pemain. Peran dasar gamemaster adalah sama di hampir semua game role-playing tradisional, meskipun aturan yang berbeda set membuat tugas khusus dari gamemaster unik untuk sistem itu.
Peran gamemaster dalam sebuah game online adalah untuk menegakkan aturan permainan dan menyediakan layanan pelanggan umum. Juga, tidak seperti Gamemasters dalam role-playing game tradisional, Gamemasters untuk game online dalam beberapa kasus dibayar sebagai karyawan.
Kesimpulan :
Game Master adalah Karyawan salah satu Provider Game yang mempunyai wewenang khusus untuk menangani permasalahan yang ada didalam games .
Apa Sih Tugas GAME MASTER??
Tugas Game Master secara garis besar adalah:
- Monitoring server sebuah Game agar pemain yang bermain selalu merasa nyaman
- Menyelesaikan permasalahan seperti Hack ID, Lupa Password, Blok, Error, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Game tersebut.
- Mengumumkan jadwal Maintenance game tersebut.
Game Designer
Game Designer adalah orang yang merancang aturan dari sebuah
permainan. Aturan tersebut bisa merupakan karakter di dalam game dan perannya,
deskripsi environment game tersebut berada, objektif dari game tersebut,
mekanik dan flow dari game, hingga merancang tiap level dari sebuah game. Jadi
Game Designer tidak berurusan dengan proses pembuatan visual dari game ataupun
code di dalam game.
Tanggung jawab seorang Game Developer sangatlah besar,
karena dia adalah orang yang harus merancang sebuah dokumen bernama Game Design
Document (GDD). GDD berperan sebagai kitab panduan bagi seluruh elemen di dalam
tim pengembangan game (programmer, artist, animator, composer, dll) dalam
proses pembuatan game. Seorang Game Designer juga bertanggung jawab terhadap
unsur “fun” dari suatu game dengan aturan-aturan yang ia terapkan pada game
yang ia rancang. Lalu dia juga bertugas untuk mendesain tingkat kesulita dari
game yang dibuat dengan sedemikian rupa sehingga learning curve dari
pengguna menjadi sangat cepat, istilahnya game tersebut menjadi easy to
learn, hard to master. Bagaimana caranya agar orang yang baru pertama main
bisa belajar dan menguasai aturan dan mekanik di dalam game tersebut, sedangkan
orang yang sudah menguasai game tersebut tetap merasa tertantang dan fun.
Sayangnya, ilmu tentang Game Design ini masih sangat sulit
didapatkan di Indonesia. Ini juga yang menjadi faktor banyak game di Indonesia
yang gagal untuk mencapai kesuksesan. Untuk meniru game yang sudah terkenal dan
sukses dari sisi pemrograman dan visual itu bukan hal yang sulit, tapi membuat
game yang menyenangkan dan balance itu yang sulit. Proses levelling di
dalam game, hubungan antara satu status dengan status yang lain, proses
kemunculan elemen-elemen baru, dan banyak hal lainnya yang tidak bisa begitu
saja kita tiru dari sebuah game hanya dengan melihat dan memainkannya (kecuali
klo game-game casual kayak flappy bird yah).
Bahkan saya sendiri untuk bisa membreakdown Game Design dari
game Pokopang butuh waktu yang sangat lama. Roly Poly Penguin mekanik utama
dari gamenya kami tiru dari Pokopang. Saya mempelajari sistem scoring dari
pokopang, pengaruh chain, combo, fever, item, dan lain-lain terhadap score dari
player itu gimana, mekanik dari animal yang bisa disummon seperti apa,
peletakan button dan itemnya seperti apa, dan lain sebagainya. Dengan modal itu
pun, kita harus mengambil rule dan memodifikasinya sehingga bisa memberikan
nuansa gameplay yang baru (gak cuma jiplak) ke game Roly Poly Penguin. Ada
aturan baru yang ditambahkan semisal chain lebih dari 5 ikan akan mensummon
ikan spesial, lalu kalau chain lebih dari 7 ikan akan mensummon ikan yang jauh
lebih bagus efeknya, dan banyak rule-rule lain yang saya ambil dari beberapa
game berbeda.
Sebenernya kalau mau belajar mendesain game yang baik, acuan
dasarnya adalah Board Game. Board Game menurut saya mampu memberikan rasa
senang hanya dengan memberikan aturan-aturan di dalam aktivitas kita, tanpa
adanya bantuan visual, animasi, atau mekanik yang wah dari code kita. Jadi
basic dari game paling bisa kita extract dengan mempelajari mekanik dan design
dari Board Game. Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengasah skil mendesain
game kita adalah dengan cara bermain game namun dengan fokus untuk mempelajari
mekaniknya. Biasanya kalau ada game baru, saya ambil satu session untuk
menikmati game tersebut, nanti kalau udah kerasa game ini bagus, baru saya
breakdown elemen-elemen apa saja yang ada di dalam game itu.
Poin penting dari tulisan ini adalah Game Design adalah
unsur penting dari sebuah game yang tidak boleh kita lupakan. Game tidak hanya
coding dan visual, tapi justru fondasi utamanya adalah “aturan” dan “objektif”
yang membuat game itu menjadi seru dan menyenangkan. Saya pernah dapet cerita,
Angry Bird untuk mendesain levelnya saja, dia punya beberapa ruang yang diisi
oleh tim untuk mendesain tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Misalkan ada
level 1-5 di satu ruangan, level 6-10 di satu ruangan, dan seterusnya. Tim yang
sudah mendesain beberapa level di ruangan satu, akan dipindahkan ke ruangan
dengan level yang lebih sulit agar otaknya yang sudah terbiasa dengan “rule” di
level yang rendah bisa berkembang sehingga tidak akan mendesain level yang
sulit di ruang satu dan skillnya sudah berkembang sehingga mampu mendesain
level yang lebih sulit.
http://wendycapruk.blogspot.co.id/2013/05/game-master.html
http://ardisaz.com/2014/09/09/gamelog-tugas-seorang-game-designer/
0 komentar:
Posting Komentar